People Innovation Excellence
 

Mahasiswi HI BINUS di National Chengchi University Taipei

Halo, nama saya Elica. Saya merupakan Binusian 2020 dengan streaming Multinational Corporations yang sedang mengikuti program Study Abroad 3+1 periode Fall 2018 ke National Chengchi University, Taipei. Mata kuliah yang saya ambil selama periode ini ada enam, meliputi 3 mata kuliah di bidang Business Administration yaitu Strategic Management, Team Building & Socializing Skills dan Making Proposals & Negotiation Skills, serta 3 mata kuliah di bidang Hubungan Internasional yaitu Conflict Management, International Relations dan International Relations Theory & Chinese Foreign Policy. Menurut saya, bisa belajar mata kuliah di luar bidang Hubungan Internasional merupakan kesempatan yang berharga dalam program study abroad ini karena saya mendapat kesempatan untuk memiliki pengetahuan lebih di luar bidang Hubungan Internasional (HI).

Menurut pendapat saya, Taipei merupakan negara yang cukup berkembang dalam bidang transportasi, infrastruktur umum dan kehidupan orang lanjut usia. Selama berada di sini, saya dapat dengan mudah pergi ke berbagai tempat wisata dengan hanya menggunakan bus dan MRT yang sangat efisien. Ditambah dengan infrastruktur umum seperti telepon umum dipinggir jalan, jalan raya dan transportasi yang tertata bersih menimbulkan perasaan nyaman. Di sini terdapat banyak lansia yang aktif beraktivitas seperti berjalan di taman, menggunakan transportasi umum hingga menjemput cucu yang masih bersekolah. Pemerintah Taiwan juga menyediakan rumah jompo bagi lansia yang sudah tidak sehat lagi yang dibiayai sepenuhnya oleh pihak pemerintah.Saya juga berkesempatan mengunjungi kerabat dari nenek saya di salah satu rumah jompo di Taiwan. Rumah jompo tersebut terlihat seperti rumah susun dan menurut saya pribadi, tempat dan fasilitasnya sangat memadai dengan jumlah perawat yang cukup.

Study abroad adalah track yang saya pilih dalam program Enrichment 3+1 dan selama di sini saya  mendapatkan lebih banyak manfaat tanpa hambatan yang berarti. Saya tinggal dengan 3 roomates yang terdiri dari dua orang Jepang dan satu orang Polandia. Hubungan kami sangat baik dan mereka sudah saya anggap sebagai keluarga. Kami melakukan berbagai kegiatan di luar kuliah bersama, seperti bercerita hingga menjelang pagi, menonton serial TV, berbelanja dan traveling bahkan kami cukup sering membuat acara seperti berkumpul dengan berbagai macam snack lalu bercerita, Mereka adalah teman-teman terbaik yang aku punya di sini.

Taiwan tidak terlalu berbeda dengan negara-negara di Asia lainnya sehingga tidak banyak culture shock yang saya alami di sini. National Chengchi University berada di pegunungan serta memiliki sistem pengamanan yang termutahir. Saya juga sangat menyukai kuliner di Taiwan seperti bubble milk tea, ayam fillet, mantou (bakpau) dan masih banyak lainnya. Bagi mahasiswi,Taipei memiliki banyak sekali tujuan-tujuan wisata. Demikianlah sekilas pengalaman kehidupan mahasiswa saya di Taiwan,. Semoga melalui cerita ini, teman-teman mahasiswa/i lainnya terinspirasi untuk menjalani program Study Abroad karena pengalaman dan pengetahuan yang didapat melalui program ini akan menjadi hal yang berharga di masa depan.

Elica- 2001541850

Mahasiswi HI Binus- Streaming Multinational Corporations


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close