People Innovation Excellence
 

Millennium Era, New Tech, and the Law

Pada hari Rabu tanggal 31 Oktober 2018, Departemen Hubungan Internasional mengadakan International Relations Lecture Series (IRLS) dengan pembicara Prof.Dr.Stephen Koos. Dalam kuliahnya, Prof. Koos memaparkan tentang era millennium dan tantangannya dalam perspektif teknologi dan hukum. Era millennium menurut Prof. Koos adalah era dimana lliberalisme dan individualisme mewarnai mayoritas aspek kehidupan manusia. Era ini ditandai dengan kemajuan teknologi dan semakin memudarnya batas-batas teritori negara. Berbagai dampak positif dirasakan oleh masyarakat yang hidup di era millennium. Namun di sisi lain era ini juga memiliki tantangannya sendiri.

Salah satu contoh fenomena yang berkembang di era ini adalah hate speech. Hate speech merupakan serangan yang ditujukan kepada individu atau kelompok atas dasar atribut keagamaan, ras, suku, kewarganegaraan, jenis kelamin, orientasi seksual, atau usia. Sebagian besar negara belum memiliki landasan hukum untuk menyelesaikan fenomena ini, dan juga berbagai fenomena baru yang muncul sebagai akibat dari kemajuan teknologi dan informasi. Prof. Koos berpendapat tantangan yang dihadapi oleh negara dalam era millennium ini adalah memudarnya kedaulatan negara dan semakin sulitnya control hukum terhadap berbagai kegiatan masyarakat. Hukum merupakan alat yang bersifat territorial, sementara berbagai kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di era millennium ini tidak dapat lagi dikotak-kotakan dalam batas-batas wilayah tradisional.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close