Women’s March Jakarta 2019 akan Digelar pada 27 April 2019

Women’s March Jakarta merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mempersatukan hak-hak wanita. Rencana awal kegiatan Women’s March Jakarta akan dilaksanakan di awal bulan Maret mendekati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret. Penyelenggaraan kegiatan ini diundur menjadi 27 April 2019.

Sumber:  www.thejakartapost.com

Women’s March Jakarta 2019 akan dilaksanakan pada akhir April, menghindari politisasi supaya ‘march’-nya bebas dari unsur politik,” jelas Ketua Women’s March 2019, Fahmia Badib, “Ini dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan peserta” ujarnya.

Selain untuk menyuarakan suara dan hak para wanita, kegiatan ini sekaligus akan merayakan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April. “Kita ingin merebut kembali makna asli Hari Kartini” tambah Mia, “Kita ingin merayakan RA Kartini sebagai salah satu tokoh perempuan terpenting dalam sejarah Indonesia dan mengingat kontribusi beliau kepada perjuangan hak perempuan.”

Penempatan jadwal pelaksanaan Women’s March yang berdekatan dengan Hari Kartini bisa dipandang sebagai aksi untuk melanjutkan usaha RA Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita yang dimulai pada masa penjajahan, yang dulunya merupakan perjuangan untuk kesetaraan dalam pendidikan yang berevolusi menjadi perjuangan untuk meningkatkan influence wanita dalamp erkembangan negara.

Berbagai tuntutan diperkirakan akan disuarakan oleh para aktivis dalam Women’s March, diantaranya adalah dukungan terhadap pengesahan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual, Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga, serta penghapusan atau perubahan undang-undang dan peraturan daerah yang diskriminatif, bahkan juga dukungan terhadap kesetaraan gender, terutama untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam politik serta meningkatkan perlindungan sosial yang adil gender.

Lebih dari 50 organisasi serta komunitas masyarakat termasuk Amnesty International Indonesia, The Indonesian Women’s Coalition dan LBH APIK akan berpartisipasi dalam Women’s March untuk mendukung tuntutan serta membantu penyelenggaraan acara.Women’s March Jakarta 2019 merupakan pelaksanaan ketiga Women’s March yang dilaksanakan di ibukota Indonesia, pelaksanaan pertama pada 2017 dengan 800 peserta dan dilaksanakan lagi pada tahun berikutnya dengan jumlah peserta yang meningkat drastis, yaitu 2000 peserta.

Reporter :        Sebastiann Nusmann Wetik

Editor  :           Elsa Louserna

Referensi:

Kahfi, Kharishar. (2019, March 6). Women’s March in Jakarta to be held in April after elections. Retrieved March 7, 2019, from The Jakarta Post: https://www.thejakartapost.com/news/2019/03/06/womens-march-in-jakarta-to-be-held-in-april-after-elections.html

Samodro, Dewanto. (2019, March 6). Women’s March Jakarta 2019 digelar 27 April. Retrieved March 7, 2019, from ANTARANEWS.com: https://m.antaranews.com/amp/berita/805923/womens-march-jakarta-2019-digelar-27-april

Utami, Tentry Yudvi Dian. (2019, March 5). Peringati Hari Perempuan Internasional 2019, Women’s March Jakarta akan Berlangsung 27 April 2019. Retrieved March 7, 2019, from Nova: https://nova.grid.id/amp/051656848/peringati-hari-perempuan-internasional-2019-womens-march-jakarta-akan-berlangsung-27-april-2019?page=2