BIRDS di VETCOFESTMUN 2019

Jakarta – BINUS International Relations Dialectic Society (BIRDS) kembali mengirimkan delegasi untuk mengikuti perlombaan MUN atau Model United Nations yang diselanggarakan di UPN Veteran Jakarta yaitu VETCOFESTMUN 2019 dari tanggal 27-28 September 2019. BIRDS (BINUS International Relations Dialectic Society) yang merupakan salah satu BSO (Badan Semi Otonom) yang berada di bawah naungan HIMHI (Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional BINUS University) tidak jarang mengirimkan delegasi-delegasi untuk mengikuti perlombaan-perlombaan seperti MUN. Delegasi-delegasi yang dikirimkan oleh BIRDS untuk mengikuti perlombaan VETCOFESTMUN 2019 adalah Anatasya Indah Putri Darmawan (UN-Women), Emily Rustania (UNHRC), Natasya Shofa Salsabila (SOCHUM), dan Ratna Ayu Dian Pramuditha (UNHRC).

Pelatihan pun diikuti oleh para delegasi-delegasi sebelum perlombaan dimulai. Pelatihan yang dilakukan oleh para delegasi pun dilatih oleh member dari BIRDS sendiri, yaitu Rafi Nugraha yang pada tahun 2019 ini telah mendapatkan penghargaan Diplomacy Award di perlombaan Harvard World MUN. Pelatihan yang dilakukan oleh para delegasi pun dapat dibilang hanya sebentar tetapi cukup untuk para delegasi dalam melatih speech maupun hal substantif lainnya, seperti latihan dalam pembuatan position paper dan mengkaji secara mendalam akan topik yang diikuti para delegasi.  Para delegasi pun mengikuti pelatihan ini secara aktif dan serius.

Pelombaan VETCOFESTMUN 2019 ini dilaksanakan dalam 2 hari dan selama perlombaan dimulai, para delegasi pun belajar banyak hal dan bertemu dengan teman baru yang merupakan sebuah pengalaman yang pastinya berkesan. Mulai dari hari pertama hingga hari kedua, para delegasi pun menjalankan perlombaan dengan penuh semangat dan antusiasme yang tinggi. Penghargaan Most Outstanding Delegates pun telah diraih oleh salah satu delegasi, yaitu Anatasya Indah Putri Darmawan di council UN-Women. Dengan penghargaan yang dicapai ini diharapkan untuk menjadi sebuah motivasi untuk para mahasiswa/I terutama masyarakat HI BINUS University untuk menjadi mahasiswa berprestasi.

Anatasya Indah Putri D.