[YOUTUBE] Belajar HI, Siapa Aktornya?

Resensi Video

Dalam kajian hubungan internasional yang klasik, aktor hubungan internasional yang paling utama adalah negara. Negara seringkali diartikan dengan pemerintahan, populasi/penduduk, dan wilayah. Sebagai suatu negara yang modern sering dikatakan negara memiliki kedaulatan, artinya ketika dipimpin oleh suatu pemerintahan yang sah ada kepala negara, kepala pemerintahan, tergantung dari sistem politik dari negara tersebut, bisa presiden, Perdana Menteri, raja yang menjadi representasi dari negara.

Ada juga aktor non-negara, yang termasuk ke dalam aktor non-negara, yang seringkali muncul atau diperdebatkan dalam hubungan internasional sebagai aktor layaknya negara, contohnya adalah “multinational corporation” (MNC) yang memiliki jejaring produksi, penjualan, dan distribusi di lebih dari 2 negara, yang bisa berada di benua berbeda atau dalam benua yang sama. Ada juga yang mengatakan transnational corporation, yang membedakannya adalah para ahli sepakat bahwa TNC dikatakan sebagai suatu entitas korporasi yang hampir tidak memiliki kejelasan nationality atau ownership dari suatu negara. Jika MNC adalah kepemilikan utama dari mana dia berasal tersebut diketahui. Tetapi TNC hampir tidak bisa diketahui dari mana asal negara perusahaan tersebut karena kompleksitasnya.

Individu juga menjadi aktor dalam hubungan internasional, bagaimana seorang atlet, aktris, public figure memiliki peran dan pengaruh dalam interaksi internasional menjadi duta suatu negara untuk berhubungan dengan aktor hubungan internasional yang lain. Kerap ada seorang individu membantu persoalan-persoalan lain di negara lain sebagai duta untuk menyelesaikan masalah. Atau bisa juga hubungan antar individu dengan individu lain yang melewati batas-batas geografis, hal ini yang disebut dengan people to people interaction.

Ada juga organisasi internasional yang beranggotakan kumpulan negara secara multilateral dan berinteraksi dalam hubungan internasional antar aktor untuk membahas isu-isu internasional. Kemudian Lembaga swadaya masyarakat atau NGO sebagai organisasi non-pemerintah yang fokus pada isu tertentu baik domestik atau internasional yang biasanya fokus pada isu-isu tertentu yang memperjuangkan kemiskinan, hak asasi manusia, anti kemiskinan dan lain-lain.

Simak paparan lengkap Prof. Tirta di sini.

 

Brygitta Glory