Laporan BIRDS ke Surabaya Model United Nations 2020

Binus International Relations Dialectics Society (BIRDS) kembali berpartisipasi pada Surabaya Model United Nations (SUMUN) 2020. Surabaya MUN 2020 merupakan acara Model UN yang diselenggarakan oleh Institut Teknik Sepuluh Nopember MUN Club pada 17-18 Oktober 2020 secara online. Terdapat dua council pada SUMUN 2020, yakni United Nations Human Rights Council (UNHRC) dan United Nations Environment Programme (UNEP). Acara ini diselenggarakan guna meningkatkan kemampuan diplomasi dan problem-solving para delegasi terkait isu internasional.

Pada kesempatan ini, BIRDS mengirimkan satu delegasinya yaitu Nabila Widya A. Leksono pada council UNHRC yang merepresentasikan negara Meksiko. Delegasi mengikuti pelatihan intensif di luar pelatihan reguler yang didukung dan diakomodasikan oleh para rekan dan senior dari BIRDS dengan maksud memaksimalkan persiapan untuk kompetisi tersebut. Pelatihan yang diselenggarakan disesuaikan dengan topik yang akan dihadapi pada hari H kompetisi. Tujuan dari pelatihan intensif ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan delegasi dalam riset materi, public speaking, dan negosiasi.

Pada MUN kali ini, delegasi BIRDS tidak memperoleh penghargaan. Namun, kesempatan ini merupakan hal yang menarik dan bermanfaat bagi delegasi BIRDS karena memberikan peluang untuk berkontribusi pada kegiatan di luar BINUS. Pengalaman ini diharapkan menjadi sebuah pembelajaran bagus dan berguna bagi delegasi serta anggota BIRDS lainnya baik dari segi akademik maupun non-akademiknya.