BIRDS PADA JAKARTA INTERNATIONAL MODEL UNITED NATIONS 2021

Jakarta International Model United Nations 2021 (JMUN) merupakan sebuah kompetisi dengan latar belakang diplomasi yang diadakan secara daring pada 13-15 Agustus 2021. JMUN 2021 merupakan lomba yang sangat bergengsi karena merupakan lomba berstandar internasional dan diikuti oleh berbagai delegasi mancanegara seperti Thailand, Singapura, Eropa, Amerika, dan berbagai negara lainnya. Sebagai organisasi yang berfokus pada dialektika, Binus International Relation Dialectic Society (BIRDS) melihat kompetisi MUN ini sebagai kesempatan bagus untuk melatih pada anggota dalam berkomunikasi, public speaking, berdiplomasi, dan berpikir kritis dengan berpartisipasi langsung dalam acara tersebut. Adapun daftar delegasi BIRDS yang mengikuti Jakarta International MUN 2021 yaitu sebagai berikut:

Nama Council Negara
Rizky Liberty Siajaya

(2301896513)

SPECPOL The Philippines
Natasya Jo Vionny

(2301854353)

UNHRC The Republic of Senegal

Dalam persiapan para anggota, BIRDS menyelenggarakan latihan-latihan intensif diluar latihan yang rutin. Latihan intensif yang diselenggarakan BIRDS difokuskan pada pengasahan kemampuan delegasi baik secara mekanisme maupun secara substansial dalam menghadapi JMUN 2021. BIRDS memahami bahwa hal yang harus dipersiapkan para anggota salah satunya adalah kepercayaan diri dalam menghadapi diskusi dalam konferensi yang juga dihadiri delegasi internasional. Selain itu, penting pula untuk diperhatikan mengenai kualitas substansi yang harus dibawa oleh para delegasi BIRDS. Untuk menstimulasi penguasaan substansi tersebut, para delegasi dilatih dalam pelatihan intensif melalui pembedahan study guide serta asistensi dalam riset terutama pada topik terkait. BIRDS juga melatih anggotanya mengenai pentingnya membangun networking baik di dalam konferensi maupun di luar konferensi tersebut. Dengan demikian, BIRDS juga menyertakan pelatihan penting yang melibatkan networking yaitu diplomasi sebagai modal dasar terciptanya sebuah koneksi yang baik, terutama di dalam konferensi Model United Nations.Pemantapan aspek-aspek non-substansial seperti kemampuan berdiplomasi membantu delegasi dalam menghadapi demam panggung yang para delegasi sempat rasakan.

Meskipun tidak membawa pulang awards, delegasi-delegasi BIRDS memperoleh berjuta pengalaman dan pelajaran, terutama dalam kemampuan public speaking, kemampuan berbahasa Inggris, kemampuan berdiplomasi, dan networking. Pengalaman dan pembelajaran yang diperoleh delegasi diharapkan dapat meningkatkan personal value masing-masing delegasi dan menambah kemampuan delegasi yang akan bermanfaat di kemudian hari.