KENAPA HARUS HI BINUS?

Ngobrol-ngobrol tentang Hubungan Internasional, kayanya masih jarang nih orang-orang yang langsung kepikiran Binus University sebagai tempat untuk menempuh pendidikan tingkat lanjut. Binus University lebih dikenal sebagai satu tujuan utama untuk studi terkait Sistem Informatika dan juga Teknik Informasi. Departemen Hubungan Internasional Binus University didirikan pada tahun 2012, artinya masih brand new and fresh, bahkan sampai dengan sekarang belum mencapai satu dekade.

Prof. Dr. Tirta Nugraha Mursitama, S.Sos., M.M., Ph.D., pendiri jurusan Hubungan Internasional di Binus University

HI Binus didirikan oleh Prof. Dr. Tirta Nugraha Mursitama, S.Sos., M.M., Ph.D. bersama dengan beberapa dosen lain seperti Moch Faisal Karim, S.Sos., M.A., Ph.D. dan lainnya. Program Studi atau Prodi Hubungan Internasional di setiap Universitas biasanya memiliki inti dan benang merah yang sama. Tetapi di setiap Universitas tetap punya ciri khas ketika mempelajari Hubungan Internasional. Sekalipun prodi ini masih lumayan baru di Binus, HI Binus ini bukan prodi yang layak diremehkan di antara prodi-prodi lain yang ada di Binus karena hanya 6 tahun setelah didirikan, HI Binus sudah dapat akreditasi A lho.

Jurusan HI Binus mendapatkan Akreditasi A pada 2018

Mendapatkan akreditasi A bukan suatu hal yang gampang, masih banyak universitas lain baik di Jabodetabek dan diluar Jabodetabek masih belum mendapatkan akreditasi A. Kerja keras keluarga HI Binus menjadi pemacu utama untuk mendapatkan akreditasi yang kita punyai sekarang, dengan berbagai prestasi lomba, aktivitas kemahasiswaan, dan masih banyak lagi. Jadi, HI Binus nih sebenernya setara loh dengan Universitas-universitas top yang ada di Indonesia.

Binus University berada di jajaran Top Ten Universities in Indonesia menurut QS World University Ranking 2019

Akreditasi A yang dimiliki HI Binus ini bisa dicapai salah satunya karena HI Binus ini jurusan yang kekinian loh! HI Binus sendiri gak cuma nawarin keilmuan HI loh, tetapi disini kita dilatih untuk menjadi lebih dari seorang yang padat dengan keilmuan HI, melainkan seorang pemimpin, seorang organisatoris atau si pandai berorganisasi, seorang dengan etos kerja baik, dan juga seorang entrepreneur. Kenapa bisa gitu? Kurikulum HI Binus ini nawarin program Entrepreneurship loh dimana kalian diajarin tahap-tahap dalam membangun startup kamu, dan sering kali dikaitkan dengan digitalisasi. Kampus mana yang ngajarin ilmu HI dan juga kewirausahaan coba?

Dosen pengajar jurusan HI Binus 2020-2021

Nah, selain program-program di dalam kurikulumnya yang unik, pengalaman kehidupan kampus di HI Binus ini juga unik dan kekinian loh. Dosen-dosen HI Binus rata-rata berusia 30-40 an tahun dan kita menyapa mereka menggunakan “Mas” atau “Mbak”, jadinya dengan itu kita merasa lebih dekat dengan mereka dan melihat mereka sebagai sosok pembimbing kita yang bukan hanya secara struktural doang. Uniknya tradisi ini sebenarnya diadopsi dari salah satu Universitas yang ada di Jabodetabek, karena rata-rata dosen pendiri HI Binus datang dari universitas yang sama. HI Binus tidak cuma melulu soal keilmuannya, tapi bagaimana prinsip dasarnya bisa diterapkan dalam kehidupan kita keseharian dan yang lebih relatable dengan dunia luar.

Ilustrasi kuliah online

HI Binus saking mengikuti perkembangan zaman, sebelum ada pandemi pun sudah menerapkan metode pembelajaran semi-digital. Adanya Guided Self Learning Class atau GSLC merupakan salah satu metode perkuliahan dimana kita diberikan materi untuk dipelajari secara mandiri, nantinya materi yang diberikan akan diberikan penugasan yang relevan sesuai dengan porsi dari materinya. Video Based Learning (VBL), Global Learning System (GLS), dan berbagai sistem pembelajaran digital lainnya membuat HI Binus tidak kewalahan untuk mengubah sistem pembelajarannya ketika pandemi, hanya mendapatkan beberapa upgrade saja untuk menyesuaikan.

Podcast Kenapa Harus HI Binus?

Jadi, kalau ditanya kenapa HI Binus, jawabannya sederhana kok. HI Binus mempelajari keilmuan HI yang berstandar tinggi tapi dengan keunikannya sendiri. HI Binus yang dosen-dosennya asik, bisa diajak ngobrol, bisa diajak diskusi, sistem belajarnya semi-digital, topik pembahasannya berkembang, dan masih banyak lagi seharusnya bisa menjawab kenapa kalian harus masuk HI Binus. Untuk lebih meyakinkan kalian, coba deh simak Podcast BILIARD HI berikut di mana kita bahas kenapa sih kalian harus milih HI Binus buat tujuan belajar kalian, ini podcast nya sama dosen HI Binus loh.

https://open.spotify.com/episode/5ynb7lTkVnG08xrjpVQZZv?si=Ke8T4dILTb6ZrwcsXGQQBQ&dl_branch=1

Nathanael Juan Veron Wirawan