Dosen HI BINUS Menjadi Dosen Tamu mengenai CEE di UGM

Pada Tanggal 29 Oktober 2021, Paramitaningrum, Ph.D diundang untuk memberikan kuliah tamu yang berjudul  East Europe VS West Europe: Central and Eastern European Countries (CEECs) in EU integration process, di mata kuliah Politik Eropa  di Program Studi Hubungan internasional, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Kuliah ini dibuka dengan pengantar oleh Bapak Muhadi Sugiono, MA sebagai pengampu mata kuliah tersebut dengan menceritakan keterlibatan Central and Eastern European Countries (CEECs) atau negara -negara Eropa Tengah & Timur dalam proses integrasi Eropa melalui keanggotaan mereka dalam Uni Eropa. Kemudian, Paramitaningrum memaparkan lebih jauh tentang aktivitas negara-negara CEECs serta hambatan-hambatan internal dan eksternal yang dihadapi oleh mereka, seperti  potensi “ancaman” dari Russia sebagai negara tetangga, serta perbedaan pandangan  antara EEECs dengan Komisi Eropa, dalam melaksanakan kebijakan-kebijakan Uni Eropa.

Kuliah diikuti oleh sekitar 50 mahasiswa, dua diantaranya adalah mahasiswa asing. Mereka adalah mahasiswa program S1 Reguler dan Program Internasional di Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Beberapa mahasiswa melontarkan pertanyaan seperti meningkatnya pengaruh RRC di kawasan Uni Eropa, penerapan Demokrasi di CEECs, serta bagaimana implementasi kepentingan masional negara-negara anggota Uni Eropa, terkait dengan keanggotaan mereka di Uni Eropa (UE).

 

Gallery

Paramitaningrum, Ph.D.