P2M TURKMENISTAN – HIMHI BERBAGI 2021 TURUN KE MASYARAKAT, MELAYANI, BERBAGI DAN MEMBERDAYAKAN

P2M Turkmenistan – HIMHI Berbagi 2021 ini merupakan upaya kami untuk memberdayakan dengan berbagi ilmu, melayani dengan berbagi kebahagiaan. Sebagai bentuk rasa peduli kami sebagai mahasiswa khususnya dari Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMHI) Bina Nusantara University akan keadaan sekitar, sebagai generasi muda, kami mengadakan sebuah kegiatan yang dapat berguna bagi masyarakat. Pada tahun ini, kegiatan P2M Turkmenistan – HIMHI Berbagi 2021 berkolaborasi dengan Komunitas 1001buku dengan mengadakan kegiatan bantuan sosial berupa donasi uang dan buku-buku bacaan.

Komunitas 1001buku pertama kali didirikan pada tahun 2002 dan sampai saat ini sudah memiliki jaringan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang sekiranya lebih dari 950 di seluruh Indonesia. Bertempatkan di Pamulang, Tangerang Selatan, proses distribusi yang dilakukan oleh Komunitas 1001buku hingga sampai kepada berbagai Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di pelosok negeri dengan menggunakan jasa pengiriman Pos Indonesia. Kegiatan donasi ini berlangsung pada tanggal 25 Agustus hingga 10 September 2021 dan setidaknya telah menghasilkan lebih dari 300 donasi buku serta sejumlah uang yang dinilai cukup untuk membantu Komunitas 1001buku dalam mendistribusikan buku-buku ke berbagai pelosok Taman Bacaan Masyarakat di seluruh Indonesia nantinya.

Selain mengadakan kegiatan penggalangan dana dan donasi buku, terdapat juga tambahan rangkaian acara yang berupa Talkshow Live IG. Kegiatan ini dilaksanakan pada 3 September 2021, dengan menghadirkan kak Fajar Hasanie yang merupakan Direktur Program dan Pembangunan Komunitas Merial Institute dan kak Syamsul Anwar yang merupakan Ketua Bidang Eksternal 1001buku. Kegiatan ini dipandu oleh Mizan Rivanka, Aktivis HIMHI Binus selaku moderator acara. Talkshow Live IG ini membahas mengenai rendahnya minat baca dan tingkat literasi pada generasi muda saat ini serta bagaimana caranya untuk menumbuhkan minat baca tersebut kembali.

Pada hari Sabtu, 11 September 2021  menjadi acara puncak dari kegiatan P2M Turkmenistan – HIMHI Berbagi 2021, yaitu proses pemberian hasil donasi kepada Komunitas 1001buku. Dikarenakan kondisi pandemi, kegiatan penyerahan donasi ini hanya berlangsung singkat, dan hanya dihadiri oleh Jemmy Mikhael sebagai Ketua HIMHI, Natanael Unggul Pribadi selaku Ketua divisi Public Relation dan Salma Noor Sausan sebagai ketua pelaksana. Kami mewakili seluruh panitia P2M Turkmenistan – HIMHI Berbagi 2021 mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh donatur yang telah ikut berkontribusi untuk membantu mensukseskan kegiatan ini. Semoga donasi ini dapat termanfaatkan dengan baik, dan semakin berguna untuk meningkatkan literasi anak di Indonesia.

Nathanael Juan Veron Wirawan