TRIPWIRE FORCE: LATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT DASAR (LKTD) HIMHI 2021

  Training Prime of New Hire in Professionalism Organization and Character Building atau dikenal sebagai Tripwire Force: Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) merupakan bagian dari kaderisasi dan syarat administratif calon aktivis Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMHI) 2021. Kegiatan ini menjadi salah satu program kerja dari divisi Internal and Resource Management HIMHI Binus University yang telah diadakan pada hari Sabtu, 8 Mei 2021 secara virtual melalui zoom meeting dikarenakan kondisi pandemi saat ini.

Dalam kegiatan LKTD ini kami mengusung sebuah tema yaitu “Self Improvement in Thinking, To Be Aware of Situation and Challenges, and Steady for the Result”. Dari tema ini kami memiliki tujuan yaitu mewujudkan calon aktivis yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan keadaan, tanggap dan sigap terhadap situasi, dan bertanggung jawab terhadap hasil dengan nilai-nilai profesionalitas dan kekeluargaan. Sehingga calon aktivis kedepannya dapat membawa perubahan positif, baik untuk diri secara individu maupun organisasi secara keseluruhan.

Kegiatan ini telah meresmikan 63 calon aktivis menjadi Aktivis HIMHI 2021, dengan harapan dapat memberikan wawasan organisasi kepada calon aktivis, membentuk kepribadian calon aktivis yang bertanggung jawab, memiliki inisiatif tinggi, dan dapat berfikir secara kritis, dan selain itu melatih kemampuan calon aktivis dalam berkomunikasi.

Materi yang turut disampaikan di dalam kegiatan ini yaitu organisasi kemahasiswaan yang dibawakan oleh ketua HIMHI 2021, Jemmy Mikhael, Leadership 101: Initiative and Responsibility dibawakan oleh pembina HIMHI sekaligus salah satu dosen hubungan internasional Binus University, Aditya Permana, M.Hum., serta Leadership 101: Critical thinking and Problem solving dibawakan oleh Anita Millenia Devi yang juga pernah menjabat sebagai ketua HIMHI 2018.

Kegiatan ini dihadiri oleh calon aktivis HIMHI 2021. Pada sesi materi organisasi kemahasiswaan, bagian ini memaparkan tentang visi dan misi kepengurusan, sistem dan pembagian program kerja di masing-masing divisi, dan pembina HIMHI 2021, serta persyaratan untuk menjadi pengurus. Selanjutnya, pemaparan materi Leadership 101: Initiative and Responsibilitycalon aktivis diminta untuk dapat menunjukan keaktifannya dengan mengikuti kuis-kuis berdasarkan materi yang telah disampaikan. Calon aktivis tidak hanya dituntut untuk aktif dalam mengikuti rangkaian kegiatan, tetapi juga dituntut untuk kreatif seperti menggambar figur wanita dan pria secara berkelompok, serta menyusun pola kata yang dirangkai menjadi kalimat yang utuh. Selanjutnya, Leadership 101: critical thinking and problem solving skill, membimbing calon aktivis untuk memecahkan suatu permasalahan secara berkelompok, tentunya bagian ini memanfaatkan fitur breakout room pada zoom meeting.

Untuk meramaikan kegiatan ini, pengurus, panitia, dan aktivis menggunakan tagar #RoadToTripwireForce dan #IthinkAwareSteady melalui media sosial seperti Instagram dan Twitter. Tagar tersebut membuat kegiatan ini lebih meriah, serta di era modern ini banyak pemuda-pemudi yang menggunakan media sosialnya untuk mengunggah suatu rangkaian kegiatan yang sedang populer. Dengan adanya tagar ini para penikmat media sosial lainnya dapat melihat pentingnya kegiatan ini, dan bagaimana kegiatan ini memiliki begitu banyak nilai-nilai yang bermanfaat dan dapat dipelajari.

Nathanael Juan Veron Wirawan