Webinar HIMHI 2.0: KIMCHI

Webinar HIMHI 2.0: KIMCHI merupakan salah satu webinar seri HIMHI yang kali ini merupakan salah satu Program Kerja dari Divisi Art & Sport. Webinar kali ini akan mengusut tema KIMCHI atau Korean-Indonesian Culture Insight, yang akan membahas terkait dengan bagaimana pengaruh kebudayaan Korea Selatan dan bagaimana perkembangan Hallyu atau Korean Waves yang dapat dikenal secara luas khususnya di Indonesia. Dalam webinar KIMCHI sendiri menghadirkan 2 pembicara yang memiliki Background yang berbeda namun memiliki pemahaman tentang ranah kebudayaan Korea Selatan. Pembicara pertama yakni Mr. Christ Chang, beliau adalah seseorang yang berasal dari Korea asli namun sudah lama menetap di Indonesia dan cukup fasih berbahasa Indonesia. Mr. Christ Chang sendiri merupakan CEO of International Korea Culture and Study (IKC&S). Untuk pembicara kedua adalah bapak Zaini, M.A, beliau merupakan Dosen Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Korea yang mengajar di Universitas Indonesia. Webinar KIMCHI sendiri diadakan pada Sabtu, 25 September 2021. Webinar kali ini masih dilakukan secara Online melalui platform Zoom Meeting. Acara pertama dimulai pada pukul 13.10 WIB dan dibuka oleh MC, dan selanjutnya  adalah sambutan Kata Sambutan dari Kepala Departemen Jurusan Hubungan Internasional Binus University yakni Bapak Rangga Aditya Elias, Ph.D. Kata sambutan selanjutnya dari Jemmy Mikhael selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMHI).

Setelah adanya kata sambutan dan sebelum dimulainya webinar kali ini, panitia dan MC mengarahkan peserta webinar untuk ikut serta dalam permainan Games yang sudah disediakan oleh panitia acara. Setelah selesainya Games tersebut, moderator mengarahkan kepada mulailah sesi Sambutan sekaligus presentasi yang akan dilakukan oleh pembicara 1 yakni Mr. Christ Chang. Pada sesi pemaparan materi ini beliau membawakan beberapa materi yang diantaranya adalah Sejarah dan perkembangan Hallyu / Korean Wave di dunia, Bagaimana Korean Wave mempengaruhi antusias masyarakat Indonesia terhadap budaya Korea Selatan, Kunci popularitas budaya Korea Selatan yang sangat mempengaruhi masyarakat Indonesia. Selanjutnya, sambutan dan pemaparan materi yang dibawakan oleh pembicara ke 2 yakni Bapak Zaini, M.A. Pemaparan materi yang beliau bawakan adalah Apa dampak yang didapat oleh Korea Selatan dari besarnya antusiasme masyarakat Indonesia yang tertarik akan budaya Korea Selatan, dan Bagaimana Indonesia mengupayakan pengembangan potensi dan eksistensi budaya yang ada dengan berkaca dari Korean Wave, sehingga budaya Indonesia dapat lebih berkembang. Dari kedua pembicara tersebut tentunya membawakan materi yang sangat informatif dan menambah banyak pengetahuan dalam budaya korea sendiri, maupun Korean Waves yang saat ini sangat mendunia dan mulai jadi kecintaan masyarakat Indonesia.

Selesai sudah pemaparan materi dari 2 Pembicara yang dimana setelah ada pemaparan materi-materi tersebut, saatnya memasuki sesi QnA dan peserta webinar dapat bertanya kepada kedua pembicara kami. Antusias para peserta kali ini sangat luar biasa, banyak sekali yang bertanya mengenai kebudayaan korea bahkan ada yang bertanya seperti “Apakah semua orang korea melakukan Operasi Plastik?” karena pasti sudah diketahui bahwa Korea adalah surganya untuk melakukan Operasi plastik. Tema Webinar kali ini cukup menarik dan dapat dinikmati oleh semua kalangan, dan juga sudah tidak asing untuk para “Kpopers”. Setelah berakhirnya sesi QnA, kami masih memiliki satu sesi tersisa, dimana pada sesi kali ini merupakan bagian terpenting yakni penyerahan sertifikat yang dilakukan oleh moderator kepada kedua Pembicara. Dengan adanya penyerahan sertifikat tersebut, maka ini merupakan tanda bahwa telah selesainya acara Webinar HIMHI 2.0: KIMCHI ini.