Dosen HI Binus Menjadi Pembicara dan Moderator pada Jakarta Geopolitical Forum Lemhannas RI

Pada Rabu-Kamis, 24-25 Agustus 2022, dosen Hubungan Internasional (HI) Universitas Bina Nusantara (Binus) menjadi pembicara dan moderator pada acara Jakarta Geopolitical Forum (JGF) yang diadakan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia.

JGF merupakan forum internasional ini yang bertujuan untuk membahas desain tata kelola hubungan antara aktor geopolitik dalam mencapai keseimbangan kekuatan yang menjadi terbentuknya stabilitas global, khususnya masa depan geopolitik Indonesia dan dunia. JGF diadakan Lemhannas RI, lembaga pemerintah nonkementerian yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pendidikan pimpinan tingkat nasional, pengkajian strategik ketahanan nasional dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

JGF tahun ini, the 6th Jakarta Geopolitical Forum 2022, mengangkat tema “Geomaritime: Chasing the Future of Global Stability” karena persaingan kekuatan terhadap isu-isu terkait maritim membuat masa depan geomaritim sangat penting. JGF dibuka oleh Gubernur Lemhannas RI, Dr. Andi Widjajanto. Kemudian, sesi plenary #1 dengan subtema “Maritime Defense and Security in Dynamic Uncertainties” dimulai. Sesi ini dimoderatori dosen HI Binus, Curie Maharani Savitri, Ph.D., dan menghadirkan tiga pembicara: Dr. Collin Koh Swee Lean dari S. Rajaratnam School of International Studies (RSIS), Laksamana TNI (Purn.) Prof. Dr. Marsetio dari Universitas Pertahanan (Unhan) Republik Indonesia, dan Sam Roggeveen dari Lowy Institute.

Dr. Curie kembali menjadi moderator di sesi plenary #2 dengan subtema “Geomaritime Political Economy: Generating Growth, Sustaining Resource, and Gaining Power”. Sesi ini menghadirkan empat pembicara: Timothy R. Heath, Ph.D. dari RAND Corporation, Philips Vermonte, Ph.D. dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia, Dr. Alan Dupont dari Geopolitical Risk Consultancy the Cognoscenti, dan Dr. Alexander Korolev dari Centre for Comprehensive European and International Studies, Higher School of Economics.

JGF dilanjutkan pada hari kedua dengan sesi plenary #3 dengan subtema “Advancing Maritime Technology in Geostrategic Context”. Dosen HI Binus dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Transfer Teknologi Binus, Prof. Dr. Tirta Nugraha Mursitama, Ph.D, menjadi salah satu pembicara di sesi ini, bersama tiga pembicara lainnya: Ryan Hass dari Brookings Institute, Prof. Dr. Dadan Umar Daihani dari Lemhannas RI, dan R.M. Wibawanto Nugroho Widodo, Ph.D. dari IKAL Strategic Center. Sesi ini dimoderatori oleh Amb. Prof. (Ris) Ikrar Nusa Bhakti, Ph.D. dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) RI.

Rekaman acara JGF dapat disaksikan di YouTube Lemhannas RI pada https://www.youtube.com/watch?v=ojQaE9WPw0o (hari pertama, 24 Agustus 2022) dan https://www.youtube.com/watch?v=CMmkOUp_QX8 (hari kedua, 25 Agustus 2022).