Pemilihan Umum Calon Ketua-Wakil Ketua HIMHI 2024/2025

Jakarta – Pada bulan September-Oktober 2023 lalu HIMHI BINUS telah melaksanakan kegiatan Pemilihan Umum Ketua dan Wakil Ketua HIMHI BINUS untuk periode kepengurusan 2024/2025. Kegiatan Pemilihan Umum Ketua dan Wakil Ketua HIMHI BINUS merupakan bentuk regenerasi secara rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali sehingga proses kaderisasi dan pewarisan nilai-nilai kemahasiswaan Hubungan Internasional BINUS tetap lestari.

Pada kali ini kegiatan Pemilu Ketua dan Wakil Ketua HIMHI BINUS University dilaksanakan secara hybrid dengan jangka waktu satu bulan sejak 25 September sampai dengan 16 Oktober 2023. Dengan adanya Pemilu ini diharapkan dapat melatih kepemimpinan dan kapasitas aktivis HIMHI 2023, mendorong masyarakat HI Binus untuk aktif, inovatif, dan tolak apatis dalam regenerasi Ketua dan Pengurus HIMHI BINUS University selanjutnya. Pemilu HIMHI tahun ini dipimpin oleh Ketua KPU Sabrina Nurul Faiza bersama tim KPU 2023.

Pembina Himpunan HI BINUS, Aditya Permana, M.Hum, memberikan kata sambutan pada Sesi Pemaparan Visi, Misi, dan Grand Design

Dalam kegiatan pemilu ini memuat empat kegiatan utama yaitu pada kegiatan pertama diisi dengan Deklarasi Pemilu Damai (DPD) disertai pemaparan materi tentang Visi, Misi, dan Grand Design setiap pasangan calon pada 25 September 2023. Deklarasi Pemilu Damai mengundi nomor urut pasangan calon Pemilu HIMHI, yang pada kali ini menghadirkan tiga pasangan calon (paslon) dari aktivis HIMHI, Binusian HI angkatan 2026, yakni:

  1. Pasangan Calon 1: Anastasya Pratiwi Putri Kaontole (caketu) dan Kristen Kaunang (cawaketu)
  2. Pasangan Calon 2: Yehosua Deni Orno (caketu) dan Stanley Lukman (cawaketu)
  3. Pasangan Calon 3: Debora Amelia Siagian (caketu) dan Lovine Indah Prameswari (cawaketu)
Paslon 3 (Debora Amelia Siagian & Lovine Indah Prameswari) – Paslon 2 (Yehosyua Deni Orno & Stanley Lukman) – Paslon 1 (Anastasya Putri & Kristen Kaunang)

Deklarasi Pemilu Damai kemudian dilanjutkan dengan kegiatan kampanye oleh para pasangan calon (paslon) bersama tim sukses (timses) masing-masing. Kampanye tahun 2023 ini mencetak sejarah baru dengan kembalinya sistem kampanye door-to-door ke kelas-kelas yang sempat terhenti beberapa generasi selama Pandemi Covid-19. 

Tim Sukses (Timses) dan penonton memberikan dukungan ke paslon masing-masing dalam sesi paparan Grand Design

Kegiatan Paparan Grand Design kemudian dilanjutkan dengan kegiatan kedua yakni sesi Debat Segmen Panelis pada 2 Oktober 2023. Pada sesi Debat Segmen Panelis ini. para calon diberikan pertanyaan oleh para panelis yang dilanjutkan dengan tanggapan oleh para panelis. Sesi tersebut dapat diikuti melalui link YouTube Debat Segmen Panelis

Segmen tersebut diteruskan dengan sesi Debat Segmen Audiens pada 9 Oktober 2023 berisikan sesi tanya jawab pertanyaan dari audiens. Kedua kegiatan utama ini mengharuskan para calon untuk dapat berpikir cepat, tepat, kritis, dan inovatif menjawab berbagai pertanyaan sebagai janji politik mereka kelak jika terpilih. Sesi tersebut dapat disimak pada link YouTube Sesi Debat Segmen Audiens. 

Pasangan Calon Pemilu HIMHI 2023-2024 berfoto bersama Pembina HIMHI pada acara Deklarasi Pemilu Damai. Ki-ka: Anastasya, Kristen, Yehosua, Aditya, Stanley, Debora, Lovine

Sesi-sesi tersebut kemudian disambung dengan Sesi Penilaian Jurusan yang dilakukan secara online melalui Zoom Meeting. Pada sesi tersebut, empat dosen Jurusan Hubungan Internasional BINUS University yakni Rangga Aditya (Ketua Jurusan HI BINUS), Dian Novikrisna (Sekretaris Jurusan HI BINUS), Paramitaningrum (Sekretaris Jurusan HI Global Class BINUS), serta Aditya Permana (Pembina Himpunan Mahasiswa HI BINUS) memberikan sejumlah pertanyaan untuk menguji pemahaman para pasangan calon terhadap isu-isu kepemimpinan dan isu-isu lain seputar kerjasama HIMHI dan elemen-elemen lain dalam Jurusan Hubungan Internasional BINUS University.

Sesi Penilaian Jurusan merupakan sesi terakhir sebelum diadakannya pemilihan suara (voting) secara digital pada 13-14 Oktober 2023. Hasil voting diumumkan dua hari kemudian pada 16 Oktober 2023. Data voting menunjukkan terdapat 374 suara yang sah yang terdiri atas Binusian HI dari angkatan 2024 hingga 2027 serta sejumlah dosen. Berdasarkan hasil surat suara sah, pasangan calon 1 (Anastasya Pratiwi Putri Kaontole dan Kristen Kaunang) mendapatkan suara sebanyak 48.9% suara, disusul pasangan calon 2 (Yehosua Deni Orno dan Stanley Lukman) dengan 45.9% suara, dan sisa suara diraih oleh pasangan calon 3 (Debora Amelia Siagian dan Lovine Indah Prameswari). Pengumuman hasil Pemilu HIMHI 2023 dapat disimak pada link YouTube berikut.

Paslon terpilih untuk melanjutkan estafet kepemimpinan HIMHI periode 2024-2025, Anastasya dan Kristen
Kebersamaan setelah pengumuman hasil Pemilu HIMHI 2023

Dengan hasil tersebut, Anastasya dan Kristen terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua HIMHI periode 2024-2025 menggantikan Sthefanny dan Matthew sebagai Ketua-Wakil Ketua periode sebelumnya. Selamat kepada Ketua dan Wakil Ketua terpilih. Semoga dapat membawa HIMHI BINUS menuju Visi dan Misi yang dicita-citakan.

 

Nadia Prilly Surbakti, Aditya Permana (editor)